Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI MTS. ASY- SYAFI’IYYAH JATIBARANG – BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTs. Asy- Syafi’iyyah Jatibarang- Brebes tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 di MTs. Asy- Syafi’iyyah Jatibarang- Brebes tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 371 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII G dan kelas VIII H. Variabel penelitian ini adalah prestasi belajar dari kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script sebagai variabel X1 dan prestasi belajar dari kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai variabel X2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis yang menyatakan melalui penggunaan model pembelajaran cooperative script efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTs. Asy- Syafi’iyyah Jatibarang- Brebes tahun pelajaran 2013/2014” diterima. Hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan statistik uji t yang diperoleh thitung sebesar 2,361 dengan derajat kebebasan (dk) = 40 + 40 - 2 = 78 dan taraf signifikan sebesar 5%, diperoleh harga ttabel sebesar 2,000 yang berarti thitung lebih besar dari pada ttabel atau 2,361 > 2,000.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada para guru di sekolah hendaknya perlu menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karateristik siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script supaya siswa lebih aktif, bersemangat dalam belajar dan merasa nyaman serta tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru.
01310500087 | ULF e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain