Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS Semester 2 SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 )
Kata Kunci: Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking chips, hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking chips dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 120 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Dalam teknik pengumpulan data penulis memberikan tes kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian berupa tes hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal, denga pilihan jawaban yaitu a, b, c, d, dan e untuk dikerjakan dalam waktu 60 menit. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data didapat thitung 6,425. Dengan derajat kebebasan (dk) = 30+30 = 58, dan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 2,000. Berarti thitung> ttabel (6,425 > 2,000). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Kesimpulannya penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking chips berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya bagi para guru dan calon guru serta praktisi pendidikan dalam upaya agar hasil belajar siswa meningkat secara keseluruhan perlu diberikan metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe talking chips dalam proses belajar mengajar
01310500024 | IZZ p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain