Skripsi
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Course Riview Horay, Minat Belajat Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar siswa pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas mata pelajaran IPS Ekonomi. Penelitian ini bertujuan apakah penggunaan metode course riview horay dapat meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran IPS Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Comal.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Comal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan pruprosive cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Course Riview Horay, variabel terikatnya adalah Minat Belajar Siswa X IIS SMA Negeri 1 Comal. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 11 item yang telah diuji validitas, reliabilitas. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam penerapan metode pembelajaran course riview horay dalam meningkatkan minat belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test sehingga diperoleh hasil 6,624, setelah dikonsultasikan dengan t tabel pada dk = 66 dengan kesalahan 1% ternyata t hitung>t tabel yaitu 6,624>2,384.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode course riview horay dapat meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran IPS Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Comal tahun ajaran 2013/2014.
01310500101 | OKT e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain