Skripsi
PERAN SOSIOLOGI TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PGRI KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Peran sosiologi, Sikap, Perilaku.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Sejauh mana peran sosiologi pendidikan dalam meminimalisir sikap dan perilaku penyimpangan sosial di kalangan peserta didik, (2) dari pembelajaran sosiologi terhadap sikap dan perilaku peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMK PGRI KOTA TEGAL Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas yang berjumlah 36 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran sosiologi, variabel terikatnya adalah sikap dan perilaku peserta didik. Metode pengumpulan data angket. Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 20 butir pernyataan yang telah diuji reliabilitas.Teknik analisis data menggunakan analisis statistic berupa uji korelasi produck moment, yaitu untuk mengetahui adanya korelasi yang signifikan antara Peran Sosiologi terhadap Sikap dan Perilaku peserta didik kelas XI SMK PGRI KOTA TEGAL Tahun Ajaran 2013/2014.
Hasil penelitian menunjukkan 1). Ternyata peran sosiologi dapat membentuk sikap siswa menjadi lebih baik, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara peran sosiologi terhadap sikap dan perilaku siwa. Hal tersebut diperoleh dari perhitungan korelasi dengan menggunakan rumus product moment dengan jumlah siswa N = 36 pada taraf signifikan 1%, maka diperoleh r_hitung = 0,873. Kemudian dikonsultasikan di r_tabel sebesar 0,424, ini berarti r_hitung > r_tabel.
Hasil penelitian ini belum mampu menjawab permasalahan peran sosiologi. Masih banyak permasalahan mengenai peran sosiologi yang perlu dipecahkan melalui penelitian. Penelitian itu tidak hanya dilakukan pada sikap dan perilaku peserta didik saja tetapi dapat pula dilakukan pada yang lainnya.
01210500086 | VEL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain