Skripsi
HUBUNGAN PEMBELAJARAN PKN TERHADAP SIKAP PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS X SMK ISLAMIYAH ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, sikap perilaku peserta didik.
Pendidikan Kewarganegaraan wajib untuk didapatkan oleh masyarakat agar rasa nasionalisme terhadap Negara kita tetap terjaga, serta mempunyai sikap perilaku yang sesuai dengan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Lembaga/institusi pendidikan merupakan sarana utama dalam memberi pembelajaran bagi masyarakat.
Penelitian ini membahas tentang hubungan pembelajarn PKn terhadap sikap perilaku siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yatu 1). Apakah pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat membentuk sikap perilaku peserta didik kelas X SMK Islamiyah. 2). Apakah ada hubungan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan sikap perilaku peserta didik kelas X SMK Islamiyah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap perilaku peserta didik.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal 2013/2014 dengan jumlah populasi 32 pesrta didik, sedangkan datanya berupa angka. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu, ada hubungan antara pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap perilaku peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan: 1). Ternyata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan mampu membentuk sikap perilaku peserta didik, 2). Ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap perilaku peserta didik ini terbukti dengan hasil dari analisis data menggunakan product moment diperoleh nilai r_hitung > r_(tabel ) yaitu 0,513 > 0,449 maka terdapat hubungan antara pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap perilaku peserta didik.
Hasil penelitian ini belum mampu menjawab permasalahan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Masih banyak permasalahan mengenai pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang perlu dipecahkan melalui penelitian. Penelitian itu tidak hanya dilakukan pada sikap perilaku peserta didik saja tetapi dapat pula dilakukan pada yang lainnya.
01210500057 | IND h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain