Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IX-A MTs AL-ITTIHADIYAH KALIJURANG TONJONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD)
Selama proses pembelajaran PKn metode pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional sehingga siswa menjadi bosan dan penyampaiannya tidak dapat membangkitkan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar PKn siswa kelas IX-A hanya mencapai 60.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IX-A, (3) mendeskripsikan peningkatan pelaksanaan pembelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Rancangan yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD dapat dilaksanakan dengan baik terlihat pada kenaikan hasil belajar siswa, (2) pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu berdasar pada paparan data prasiklus jumlah rerata skor 68,3 dan daya serap klasikal 33,33%, dan setelah diadakan tindakan pada siklus I rerata skor meningkat 72,3 dan daya serap klasikal meningkat menjadi 53,3%. Jumlah rerata skor dan daya serap mengalami peningkatan lagi pada siklus II yaitu 79,9 dan 86,67%, pada siklus II ini siswa terdapat dua siswa yang tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar karena kemampuan dua siswa ini sangat rendah, (3)
pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran terbukti dengan peningkatan aktivitas siswa baik secara kelompok maupun individu.
Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama 2 siklus dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat dilaksanakan dengan baik, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran PKn kelas IX-A. Disarankan kepada guru (1) hendaknya guru menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran PKn maupun pembelajaran yang lain, (2) guru hendaknya selalu merefleksi pembelajaran dan melakukan tindakan-tindakan perbaikan sehingga pembelajaran semakin berkembang, (3) guru hendaknya selalu memotivasi siswa untuk belajar agar siswa semangat dalam belajar.
01211510006 | SHO u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain