Skripsi
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN DALAM RASA TOLERANSI PERBEDAAN GENDER (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarub Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata kunci : Pendidikan PPKn, sikap toleransi, perbedaan gender.
Penelitian ini membahas penerapan pembelajaran PPKn dalam hubungannya peningkatan sikap toleransi dalam perbedaan gender. Tujuan penelitian ini adalah memberikan suatu gambaran dan pemikiran bahwa perbedaan gender mempengaruhi sikap toleransi di kalangan peserta didik dan dengan melalui pembelajaran PPKn dapat meningkatkan sikap toleransi perbedaan gender, serta gambaran adanya implikasi pembelajaran PPKn dalam peningkatan sikap toleransi perbedaan gender.
Sumber data penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tarub tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap mengumpulkan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perbedaan gender mempengaruhi sikap toleransi yang terdapat dalam diri peserta didik yaitu adanya perbedaaan tersebut menyadari bahwa sikap toleransi perlu ditumbuhkan, dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat menumbuhkan sikap toleransi dalam pebedaan gender, serta implikasi dari pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan sikap toleransi perbedaan gender adalah dalam materi-materi yang diberikan pada pelajaran PPKn terdapat sikap-sikap yang patut untuk diterapkan dalam masyarakat..
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada sekolah guna menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberi penghargaan pada perbedaan gender, untuk guru diharapkan mengajarkan materi sikap toleransi perbedaan gender secara mendalam, dan untuk peserta didik untuk meningkatkan peran aktif dalam mengikuti proses pembelajaran PPKn serta dapat menerapkan sikap toleransi dalam perbedaan gender dalam kehidupan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
01210500058 | FAJ i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain