Skripsi
HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (SMA NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
Kata Kunci: Profesionalisme guru dan prestasi siswa
Peran guru sebagai ujung tombak di dunia pendidikan menuntut guru yang memiliki profesionalisme yang berkualitas.
Permasalahan penelitian adalah “Bagaimanakah hubungan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 5 Tegal di tahun pelajaran 2013/2014?”
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 5 Tegal di tahun pelajaran 2013/2014.
Objek penelitian adalah SMA Negeri 5 Tegal dengan populasi siswa sejumlah 714 orang. Sampel penelitian sebagai responden diambil dari kelas XI IA2 dan kelas XI IA 3 sejumlah 68 orang dengan teknik cluster purposive sampling.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif inferensial. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner sejumlah 25 butir pertanyaan untuk variabel X (profesionalisme guru) dan tes Ulangan Tengah Semester (UTS) untuk variabel Y (prestasi belajar siswa).
Selanjutnya data penelitian yang diperoleh dari kuesioner dan Ulangan Tengah Semester diolah secara kuantitatif dan diuji hipotesis. Digunakan korelasi pearson product moment untuk menemukan nilai koefisien korelasi dan kemudian nilai r tersebut dikorelasikan dengan tabel r untuk menguji hipotesis.
Berdasarkan data penelitian yang telah diolah, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Korelasi berpredikat sedang dengan nilai r pearson product moment diperoleh sebesar 0,504 dan korelasi tersebut dinyatakan signifikan karena nilai r pearson product moment 0,504 adalah lebih besar dari nilai r tabel sebesar 0,242.
Saran yang diberikan adalah kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan pada umumnya agar dapat selalu menjaga bahkan meningkatkan profesionalisme yang dimiliki. Bagi SMA Negeri 5 diharapkan dapat selalu menjaga kualitas layanan pendidikan yang diberikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.
01210500018 | HER h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain