Skripsi
IMPLEMENTASI PEMBINAAN GENERASI MUDA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI MASYARAKAT DESA BOGARES KIDUL KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013/ 2014 (Studi Kasus Pendidikan Karakter di IPNU/IPPNU Desa Bogares Kidul)
Kata Kunci: pembinaan generasi muda, pendidikan karakter bangsa.
Generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa dan sumber daya insani bagi pembangunan nasional, untuk itu generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara wajar baik jasmani,rohani maupun sosilanya..
Rumusan masalah bagaimana implementasi pembinaan generasi muda melalui pendidikan karakter bangsa dalam organisasi pertanyaan penelitian bagaimana bentuk pendidikan karakter bangsa yang dilakukan dalam organisasi IPNU-IPPPNU. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pembinaan generasi muda dalam pendidikan karakter bangsa dalam organisasi dan kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter untuk generasi muda dalam organisasi.
Populasi dari penelitian ini adalah IPNU-IPPNU Desa Bogares Kidul Kabupaten Tegal. Mempunyai jumlah anggota 100 IPNU-IPPNU pengurus 20. Sampel penelitian 8 anggota dan 6 pengurus kelas. Peneliti menggunakan Metode pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat kendala untuk menerapkan sistem pengkaderan dalam mengembangkan pendidikan karakter. Faktor yang dapat mengembangkan sikap perilaku dan sistem pengkadera di IPNU-IPPNU Bogares Kidul yaitu dengan cara ada suatu kebersamaan dan komunikasi yang baik antar anggota dengan pengurus dan kedekatan dengan pembina dalam kegiatan rutin maupun diluar kegiatan.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada anggota lebih disiplin dalam kegiatan dan bertanggung jawab tugas yang diberikan oleh pengurus atau pembina. Saran sebelum menerapkan pengkaderan dalam bentuk kegiatan lebih baiknya dijelaskan terlebih dahulu tugas dan tanggung jawabnya, dan berilah semangat kepada anggotanya. Dan untuk pembina memantau dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU dan bisa mematau sikap perilaku yang baik diluar kegiatan rutin.
01210500073 | ALM i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain