Skripsi
IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs. ASSALAFIYAH SITANGGAL KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Metode, Keteladanan, Prestasi
Pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai, yang akan menjadi penolong dan penuntun dalam menjalani kehidupan, sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia yang bisa dilakukan sejak masih dalam kandungan. keteladanan sangat besar hubungannya dengan prestasi. Keteladanan merupakan pendorong siswa untuk bertingkah laku yang baik serta mendorong siswa untuk mencapai prestasi yang lebih baik dalam belajarnya. Seorang guru akan memberikan motivasi berupa keteladanan secara maksimal, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang termotivasi dalam belajar terbukti masih ada sebagian siswa yang sering masuk terlambat, suka bolos sekolah, tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan masih ada indikasi lain yang mencerminkan prestasi belajar siswa kurang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang metode keteladanan yang diterapkan dalam belajar, data tentang prestasi belajar serta mengetahui sejauhmana implementasi metode keteladanan dalam meningkatkan prestasi belaja siswa kelas VIII di MTs. Assalafiyah Sitanggal Kec. Larangan Kab. Brebes.
Metode penelitian ini bertitik tolak pada bagaimana guru dalam memberikan metode pembelajaran dengan tujuan utama adalah agar prestasi siswa semakin baik sebagaimana yang diharapkan oleh guru, orang tua dan masyarakat, karena semakin meningkatkan prestasi belajar siswa diharapkan masa depan akan lebih gemilang.
Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, sehingga data yang terkumpul secara terpadu dapat saling melengkapi. Teknik analisa dilakukan dengan dua cara, pertama untuk analisa data kualitatif dijabarkan dalam bentuk kalimat-kalimat, sedangkan data kuantitatif diolah secara statistik dengan menggunakan korelasi product moment.
Kesimpulan dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa metode keteladanan yang dialami responden yang dihitung melalui angket berdasarkan hasil dari rata-rata skore yang diperoleh sebesar 80 %.yang berarti dalam kategori baik. Adapun prestasi belajar siswa berdasarkan hasil dari rata-rata yang diperoleh sebesar 78,20 yang berarti dalam kategori baik. Sehingga hasil perhitungan, korelasi antara variabel X (Metode Keteladanan) dengan variabel Y (Prestasi Belajar Siswa) di diperoleh 0,80 apabila dikonsultasikan pada interpretasi korelasi berada pada interval antara 0,70 sampai dengan 0,90 yang berarti mempunyai hubungan tinggi, kemudian pengaruh langsung metode keteladanan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 64 % dan 36 % pengaruh darti luar, pengaruh itu bisa datang dari teman, orang tua maupun buku perpustakaan yang siswa baca.
01211510014 | MAS i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain