Skripsi
EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK ISLAM AL-KHOERIYAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kata Kunci : Metode Diskusi, Prestasi Belajar.
Diskusi kelompok merupakan salah satu metode dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk efektifitas pembelajaran didalam kelas agar tercapai tjuan yang diharapkan yaitu peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran tersebut.
Prestasi siswa adalaha hasil akhir dari suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan. Prestasi belajar siswa menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakan sehingga dapat diketahui dengan benar efektifitas metode atau strategi pembelajaran yang direncanakan.
Berdasarkan data diperoleh penulis bahwa siswa yang diajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode diskusi lebih baik terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Islam Al-Khoeriyah Petarukan dari pada siswa yang diajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode ceramah. Karena dilihat dari prestasi belajar tersebut diperoleh dalam katagori tinggi dilihat dari perbedaan nilai pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah keseluruhan sebanyak 78 siswa.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sebagai populasi dalam penelitian ini berjumlah 164 siswa kelas X SMK Islam Al-Khoeriyah Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan sampel berjumlah 78 siswa yang didapat dengan cara random sampling, sampel diambil dari masing-masing kelas secara acak.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah post test. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis persentase deskriptif dan korelasi.
Dari hasil analisis data persentase inferensial siswa kelas X SMK Islam Al-Khoeriyah Tahun Pelajaran 2013/2014 menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,392 kemudian dikonsultasikan pada rtabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,316. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung>rtabel yaitu 0,392> 0,316, maka terdapat hubungan metode diskusi dengan perstasi belajar siswa.
01210500111 | PRA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain