Skripsi
HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANDUDONGKAL TAHUN PELARAN 2013/2014
Kata Kunci : Hubungan Kompetensi Sosial Guru, Prestasi Peserta Didik
Penelitian ini membahas tentang hubungan antara kompetensi sosial guru dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 3 Randudongkal Kab.Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang kemampuan guru dalam kompetensi sosial terhadap prestasi belajar peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 271. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel klas VIII D dan VIII F dengan jumlah 39 peserta didik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket tertutup untuk memperoleh data variabel X yaitu Kompetensi sosial guru dan variabel Y diperoleh dengan mengambil nilai UAS peserta didik semester I (ganjil).
Data penelitian yang terkumpul kemudian dibuat tabel persiapan untuk mencari koefisien nilai, data dianalisa dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Untuk menyusun tabel frekuensi menggunakan rumus strudgess, mencari range, panjang interval, dan prosentase. Hasil penelitian menunjukan, bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru dengan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn, karena harga nilai r hitung > r tabel, yaitu 0,438 dengan tingkat hubungan korelasinya dalam interval 0,40-0,599 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil analisis deskriptif persentase data angket persepsi peserta didik frekuensi tertinggi terdapat pada interval 89-92 sebanyak 11 peserta didik dengan presentase 28,20%. Hasil analisis deskriptif persentase prestasi belajar PPKn peserta didik frekuensi tertinggi terdapat pada interval 87-90 sebanyak 14 peserta didik dengan presntase 23,90%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil analisis korelasi ada hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan simpulan hasil penelitian disarankan agar guru lebih meningkatkankan kemampuan kompetensi sosial agar prestasi belajar peserta didik yang dicapai lebih memuaskan. Dan untuk peserta didik untuk lebih memperatikan guru saat PBM (Proses Belajar Mengajar) agar materi yang disampaiakan guru dapat dipahami dan dimengerti.
01210500085 | WID h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain