Skripsi
PENERAPAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA LAGU KENANGAN PADA SISWA KELAS XI SMA PLUS AL-MU’AWANAH PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : teknik latihan terbimbing, narasi, media lagu kenangan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikanpembelajaran menulis narasi, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis narasi, dan (3) mendeskripsikan keefektifan teknik latihan terbimbing melalui media lagu kenangan dalam pembelajaran menulis narasi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Plus Al-Mu’awanah Petarukan yang berjumlah171 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan metode cluster random sampling dengan sampel berjumlah 56siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 terdiri dari 28siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan pembelajaran konvensional dan kelompok 2 yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok yang diajar menggunakan teknik latihan terbimbing dan media lagu kenangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode, antara lain metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis digunakan rumus korelasi uji t non-independen dan rumus korelasi uji t independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar yang kuat terhadap pembelajaran menulis cerita narasi yang menggunakan teknik latihan terbimbing melalui media lagu kenangan daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) siswa lebih terampil dalam menyusun kalimat-kalimat, lebih memperhatikan tanda baca, lebih aktif dan tidak lagi mengalami kesulitan dalam menuangkan gagasan dalam menulis cerita narasi, dan (3) perhitungan uji t kelompok kontrol diperoleht_(hitung )lebih besar daripada t_(tabel ) (7,72>1,70) pada taraf signifikansi 0,05, dan kelompok eksperimen diperoleh t_(hitung )lebih besar daripada t_(tabel )(12,21>1,70). Jadi, H_(o )ditolak dan H_(a )diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik latihan terbimbing melalui media lagu kenangan efektif dalam pembelajaran menulis cerita narasi siswa kelas XI SMA Plus Al-Mu’awanah Petarukan.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran dan berlatih kegiatan menulis agar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Pihak guru disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai ketika mengajar, misalnya menerapkan teknik latihan terbimbing dan media lagu kenangan dalam pembelajaran menulis cerita narasi. Pihak orang tua disarankan untuk membimbing anak saat belajar dan memberi semangat kepada anak untuk meningkatkan keterampilan menulis.
01510500070 | PUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain