Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE DISCOVERY – INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI TENTANG PERISTIWA YANG PALING BERKESAN PADA SISWA KELAS VII MTs NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI
Kata Kunci : metode discovery-inquiri, keterampilan menulis, puisi, peristiwa yang paling berkesan.
Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang mempunyai peran penting di dalam kehidupan manusia. Menulis pada hakikatnya merupakan kegiatan berbahasa yang dilakukan secara aktif dan produktif, yang dititikberatkan pada pembuatan kalimat yang baik dan benar. Untuk dapat menulis dengan baik, seseorang dituntut untuk mampu menguasai ejaan, kosa kata, dan struktur kalimat. Metode discovery-inquiri adalah suatu prosedur mengajar yang menitikberatkan studi individual, menipulasi objek, dan eksperimen yang dilaksanakan siswa sebelum ia mengambil kesimpulan dan menyadari suatu konsep. Penerapan metode discovery-inquiri diharapkan mampu membuat proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada aspek menulis puisi menjadi lebih bervariasi.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B MTs NU Miftahul Ulum Margasari yang berjumlah 60 siswa, dan tiap-tiap kelompok berjumlah 30 siswa. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes menulis puisi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t independen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil yang signifikan.
Metode discovery-inquiri ternyata efektif pada pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII MTs NU Miftahul Ulum Margasari. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 7,5 ternyata lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikansi 1,68.
01510500173 | PUT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain