Skripsi
PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI VERBAL TEMAN SEBAYA DAN KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN BERITA DI TELEVISI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA EFEKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Kata Kunci : intensitas interaksi verbal teman sebaya, kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi, kemampuan membaca efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan kebenaran pengaruh yang lebih kuat antara intensitas interaksi verbal teman sebaya dan kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan membaca efektif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data kemampuan membaca efektif dilihat dari faktor intensitas interaksi verbal teman sebaya dan kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi pada peserta didik kelas X SMA se-Indonesia.Sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal.Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah data kemampuan membaca efektif pada 50 peserta didik yang diambil secara acak dari dua sekolah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan pengaruh. Ada pengaruh yang lebih signifikan antara intensitas interaksi verbal teman sebaya terhadap kemampuan membaca efektif dengan tingkat pengaruhnya sebesar 27,1%, kemudian diketahuiada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan membaca efektif dengan tingkat pengaruhnya sebesar 15,1%. Selain itu, diketahui pula ada pengaruh yang signifikan antara intensitas interaksi verbal teman sebaya dan kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan membaca efektif dengan tingkat pengaruh yang diberikan sebesar 33,1%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan intensitas interaksi verbal teman sebaya dan membiasakan diri menyimak tayangan berita di televisi.Pihak guru disarankan dapat memanfaatkan aspek intensitas dan kebiasaan peserta didik untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi meningkatkan kemampuan membaca efektif.
01510500160 | DES p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain