Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : media gambar, menulis puisi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis puisi secara baik, benar dan indah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 215 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X (Media Gambar) terhadap Variabel Y (menulis Puisi). Karena data yang terkumpul berupa angka nilai keterampila n menulis siswa dan pengolahan data menggunakan statistik. Cara yang ditempuh untuk menganalisis data adalah dengan memberikan penilaian tentang keterampilan siswa dalam menulis puisi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan statistik untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pemalang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara media gambar terhadap keterampilan menulis puisi. Berdasarkan hasil pretest, nilai menulis puisi tanpa menggunakan media gambar masih kurang dari KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 75. Nilai rata-rata siswa, yaitu 67,37. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM baru mencapai 5 siswa. Hasil post test menulis puisi dengan menggunakan media gambar, nilai rata-rata siswa menjadi 86,5 dan seluruh siswa yang mencapai nilai KKM Artinya, terjadi peningkatan antara sebelum menggunakan media gambar dengan sesudah menggunakan media gambar. Uji t-Non Independen dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap menulis puisi. Pada hasil perhitungan uji t-Non Idependen ditunjukkan bahwa t_(hitung )= 18,9. Selanjutnya, dikonsultasikan dengan t_(tabel ) dengan derajat kebebasan (df) = N-1 = 40 – 1 =39 pada taraf signifikan 0,05 membutuhkan koefisien 1,70. Setelah dibandingkan dengan t_(tabel )dapat diketahui bahwa , t_(hitung )= 18,9> t_(tabel )= 1,70 yang berarti hipotesis nihil (H_(0 )) ditolak dan hipotesis kerja (H_a) diterima dan data yang diperoleh adalah signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat berpengaruh baik untuk pembelajaran menulis puisi, sehingga media gambar juga dapat dijadikan alternatif yang baik bagi guru untuk mengasah kretifitas siswa. Penggunaan media gambar di MTs Muhammadiyah ini juga berpengaruh baik bagi siswa.
01510500016 | WID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain