Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK TRANSFORMASI FILM BALUTAN MERAH PUTIH DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI SMK TEXMACO PEMALANG
Kata Kunci: teknik transformasi film, pembelajaran menulis cerpen.
Pembelajaran keterampilan menulis cerpen perlu memperhatikan teknik khusus didalam mengajarkannya. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran yang dianggap lebih efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen, yaitu dengan menggunakan teknik transformasi film.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipenerapan keefektifan teknik transformasi film Balutan Merah Putih terhadap kemampuan menulis cerpen di SMK Texmaco Pemalang dan mengetahuiperbedaankemampuanmenuliscerpenantarakelompok yangdiajar denganmenggunakan teknik transformasi film dengan kelompok yang diajar tanpa menggunakan teknik transformasi film di SMK Texmaco Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Texmaco Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah delapan kelas sebanyak 283 siswa.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling (area sampling). Penulis menggunakan dua kelompok sampel dalam penelitian antara lain (1) kelompok eksperimen, yaitu kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan teknik transformasi film, (2) kelompok kontrol, yaitu kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan transformasi film. Sampel kelompok eksperimen adalah kelas X TKJ 2 dengan jumlah 41 siswa dan sampel kelompok kontrol adalah kelas X Garmen dengan jumlah 45 siswa.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes menulis cerpen. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 14,99% dan rata-raa nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 6,43% dengan perbandingan t tabel 1,68 menggunakan taraf signifikasi 0,05 sehingga t hitung lebih besar dibandingkan t tabel. Jadi pengajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik transformasi film dapat dikatakan jauh lebih efektif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan teknik transformasi film dalam pembelajaran menulis cerpen karena dianggap mampu meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis, khususnya menulis cerpen dan kepada pihak peneliti yang lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanaakan penelitian lebih lanjut.
01510500126 | MAL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain