Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : metode quantum learning , menulis, resensi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis resensi buku pada peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah Kota Tegal (2) mendeskripsikan prestasi belajar menulis resensi pada peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah Kota Tegal (3) mendeskripsikan metode pembelajaran quantum learning efektif dalam pembelajaran menulis resensi buku pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal.
Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal yang berjumlah 63 dari peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 40 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok I sebagai kelompok eksperimen dan kelompok sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data mengunakan uji t - nonindependen dan uji t - indpenden, sebelumnya data diuji dengan uji validitas eksternal dan realibitas splithalf.
Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. (1) Pembelajaran menulis resensi di SMA Muhammadiyah masih rendah. Akan tetapi, setelah diajarkan dengan menggunakan metode quantum learning diperoleh rata- rata pada kelas ekperimen 13,25. (2) Berdasarkan hasil perhitungan uji t-non independen diperoleh nilai 5,09 di kelas ekperimen dan diperoleh nilai 2,2 di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi. (3) Metode quantum learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis resensi. Terbukti dengan hasil perhitungan uji t -indpenden diperoleh t hitung = 3,33 sedangkan t tabel 1,68 dengan derajat kebebasan 28 pada taraf signifikasi 0,05. Perbandingan tersebut membuktikan hipotesis penelitian diterima (Ha diterima). Hasilnya adalah 3,33<1,68). Ini menujukan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan ketrampilan menulis dan memperbanyak latihan menulis resensi. Pihak guru disarankan mengajar dengan memberikan variasi-variasi dalam proses pembelajaran. Pihak orang tua disarankan untuk memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan serta semangat kepada anak untuk meningkatkan kemampuan menulis resensi.
01510500062 | SOP k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain