Skripsi
PENERAPAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN ILUSTRASI TOKOH IDOLA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci: teknik latihan terbimbing, tokoh idola, menulis cerpen.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal. (2) mendeskripsikan penerapan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal. (3) mendeskripsikan penerapan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola efektif dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal, tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 251 siswa. Dari 251 siswa tersebut diambil sampel secara cluster random sampling atau teknik acak berkelompok sebanyak 70 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan panduan observasi.
Hasil penelitian ini menujukkan pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal belum maksimal, hal itu dikarenakan penggunaan teknik yang variatif tidak dimunculkan oleh guru. Penerapan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola dalam pembelajaran menulis cerpen dapat membantu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal dalam memahami materi menulis cerpen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t non-independen pada kelas eksperimen diperoleh t hitung =19,44 > t tabel 35=1,70, sedangkan hasil uji t non-independen pada kelas kontrol t hitung =11,82 > t tabel df 35=1,70. Dengan demikian, teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t independen t hitung = 23,75 > t tabel df 68=1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randudongkal tahun pelajaran 2013/2014 efektif.
Guru hendaknya menggunakan teknik yang bervariatif dalam pembelajaran menulis. Siswa hendaknya dalam mengikuti pembelajaran menulis dengan penuh semangat, antusias, dan berperilaku positif. Peneliti bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran yang berbeda.
01510500084 | HAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain