Skripsi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ALBUM FOTO KENANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: pembelajaran, menulis, media, album.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi dan keefektifan media album foto kenangan dalam pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi menggunakan media album foto kenangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitiaan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randudongkal dengan jumlah 308 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 60 siswa, yaitu siswa kelas VIII.D sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.G sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan rumus Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIII.D (kelompok eksperimen) diketahui E = 78,13, MeE = 80 dan MoE = 80 sedangkan siswa kelas VIII.G (kelompok kontrol) diketahui K = 74,13, MeK = 76 dan MoK = 76. Berdasarkan analisis Uji-t diperoleh thitung = 3,419, dengan derajat kebebasan (dk) = 30 + 30 - 2 = 58, pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,002. Karena thitung ttabel atau 3,419 2,002, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya “Media album foto kenangan efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014”
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru senantiasa melatih siswa dengan menulis pengalaman pribadi melalui album foto kenangan karena dengan adanya gambar subjek siswa dapat termotivasi, persepsi, pengembangan konsep, bahkan dapat mengembangkan keseluruhan pengalaman pribadinya untuk dituangkan dalam tulisan.
01510500095 | HUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain