Skripsi
PENGARUH BERPIKIR KREATIF DAN KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN INDONESIA LAWAK KLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Kata Kunci: berpikir kreatif, kebiasaan menyimak tayangan Indonesia lawak klub (ILK), kemampuan menulis teks anekdot.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyakinkan pengaruh yang lebih kuat antara berpikir kreatif dengan kebiasaan menyimak tayangan Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada peserta didik kelas X SMA.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA se- Kecamatan Ketanggungan dan Kersana sebanyak 388 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi liniear sederhana dan uji regresi linier ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pengaruh signifikan antara berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks anekdot dengan tingkat pengaruhnya 24,9%. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang lebih signifikan antara kebiasaan menyimak tayangan Indonesia lawak klub terhadap kemampuan menulis teks anekdot dengan tingkat pengaruhnya 14,3%. Selain itu diketahui pula terdapat pengaruh yang signifikan antara berpikir kreatif dan kebiasaan menyimak tayangan Indonesia lawak klub terhadap kemampuan menulis teks anekdot dengan tingkat pengaruh 26,9%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan berpikir kreatif dan kebiasaan menyimak tayangan Indonesia lawak klub, pihak guru disarankan untuk dapat memberikan motivasi dan mampu memanfaatkan aspek berpikir kreatif dan kebiasaan peserta didik dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot.
01510500164 | IRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain