Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE AKROSTIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : metode akrostik, pembelajaran keterampilan, menulis puisi
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan minat peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi bebas, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi bebas pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri Ujulami, (3) dan mendeskripsikan keefektifan metode akrostik dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi bebas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 320 Peserta Didik. Kemudian diambil sampel secara cluster random sampling sebanyak 66 Peserta Didik yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebanyak 33 Peserta Didik sebagai kelompok kontrol dan kelompok 2 sebanyak 33 Peserta Didik sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan Non-Tes. Teknik analisis data menggunakan uji t- non independen dan uji t independen.
Hasil penelitian ini adalah (1) metode akrostik dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi, (2) metode akrostik sangat efektif untuk melatih kemampuan menulis puisi peserta didik, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode akrostik dengan yang tidak menggunakan metode akrostik. Penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian pos test. Analisis data penelitian menggunakan uji t- non Independen dan uji t-Independen. Pada uji t- non Independen diperoleh hasil t_hitung pada kelas eksperimen sebanyak 20,13 yang berarti t_hitung (20,13) > t_tabel (1,697), sedangkan pada kelas kontrol t_hitung sebanyak 11,16 yang berarti t_hitung (11,16) > t_tabel (1,697). Kemudian Pada uji t-Independen yaitu dengan membandingkan hasil pos test kelas kontrol dan eksperimen menghasilkan t_hitung (6,43) sedangkan t_tabel (2,042) maka dapat diambil kesimpulan bahwa t_hitung (6,43) lebih besar dari t_tabel (2,042) sehingga H_o ditolak dan H_a diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan bagi sekolah dan guru bahasa indonesia untuk memanfaatkan metode akrostik sebagai penarik minat dan pedoman untuk mewujudkan prestasi terbaik siswa dalam kemampuan dan kreatifitas menulis puisi bebas.
01510500068 | HUD k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain