Skripsi
PEMANFAATAN IDIOM DALAM PENCIPTAAN UNSUR INTRINSIK PADA NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
Kata Kunci: idiom, unsur intrinsik, implikasi.
Permasalahan dalam skripsi ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Jenis-jenis idiom apakah yang terdapat dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye? (2) Bagaimanakah pemanfaatan idiom dalam penciptaan unsur intrinsik pada noveltersebut? (3) Bagaimanakah implikasi pemanfaatan idiom dalam penciptaan unsur intrinsik pada novel tersebut dalam pembelajaran sastra?
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan jenis-jenis idiom yang digunakan dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. (2) Mendeskripsikan pemanfaatan idiom dalam penciptaan unsur intrinsik pada novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. (3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran sastra.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah teksnovel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Wujud data dalam penelitian ini berupa penggalan-penggalan teks novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis isi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini dengan cara diklasifikasi, diidentifikasi, dianalisis, setelah itu baru dikaji. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif berdasarkan teori struktural dan konsep tentang idiom.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Jenis idiom yang terdapat pada novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye mencakup idiom penuh dan idiom sebagian. Tidak hanya itu, tetapi jenis idiom yang ditemukan lebih luas lagi berdasarkan unsur yang membentuknya, yaitu idiom yang mengandung pesan, idiom nama, dan idiom sosial/komunikasi/sapaan. (2) Unsur intrinsik yang dapat diciptakan dengan pemanfaatan idiom adalah unsur tokoh/penokohan, latar/setting, dan alur/plot, sedangkan unsur intrinsik yang tidak dapat dijabarkan melalui pemanfaatan idiom meliputi unsur tema, sudut pandang/point of view, serta amanat. (3) Implikasi pembelajaran sastra manfaat utamanya untuk mendidik siswa dalam mengapresiasi sastra, dan digunakan untuk pembelajaran menulis karya sastra, sehingga siswa dapat menciptakan karya sastra dengan menggunakan ungkapan idiomatis di samping makna lugas.
01510500109 | DIA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain