Skripsi
KONTEKS WACANA DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata kunci: konteks wacana, novel, pembelajaran
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan konteks wacana “latar” dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar, (2) mendeskripsikan konteks wacana “pesan” dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar, (3) mendeskripsikan konteks wacana “peristiwa” dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar, (4) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya berupa wacana dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Wujud data dalampenelitianiniberupakalimat yang mengandung referensi mengenai konteks wacana dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar.Penyediaan data yang digunakanadalahstudipustaka dengan metode observasi dengan teknik baca, simak dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual. Teknik penyajian menggunakan metode informal, hasil analisis data tidak hanya disajikan secara lingual (verbal), tetapi juga dimungkinkan dengan tanda atau simbol-simbol lain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa;(1) penggunaan konteks wacana latar (setting) ada 15 kutipan, latar yang banyak terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan berupa waktu dan tempat pembicaraan dilakukan, (2) penggunaan konteks wacana pesan (message) ada 16 kutipan. Pesan yang banyak terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan berupa pesan dari pembicara yang mengandung suatu informasi atau memberitahukan nasihat-nasihat kepada pendengar ataupun pembaca, (3) pengunaan konteks wacana peristiwa (event) ada 16 kutipan.Peristiwa yang banyak terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan berupa peristiwa yang mengandung tujuan untuk memberikan informasi tentang kejadian-kejadian yang dialami pembicara, (4) penelitian ini cocok dijadikan pembelajaran bahasa di SMA kelas X karena sudah sepantasnya setiap siswa dibekali pembelajaran ilmu bahasa meskipun hanya terbatas pada garis besarnya saja, selain itu bacaan dalan novel juga sudah bisa menjadi bacaan setiap hari bagi siswa SMA untuk lebih meningkatkan keterampilan berbahasa siswa dan melatih siswa dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan baik di masyarakat sekitar.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankannovel ini kiranya dapat menambah wawasan atau masukanyang berharga bagi parastaf pengajar bahasa Indonesia di SMA. Wawasan tersebut berdasarkan pada pemahaman konteks wacana yang terdapat pada novel Surat kecil untuk Tuhan yang dapat diambil manfaatnya sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran bahasa di sekolah.
01510500080 | MUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain