Skripsi
KETAKSINAMBUNGAN GAGASAN ANTARKALIMAT DALAM PARAGRAF KARANGAN SISWA SMP KELAS VII DI SMP NEGERI 4 ADIWERNA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS
Kata Kunci : ketaksinambungan gagasan antarkalimat, karangan siswa
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Jumlah kalimat tak berkesinambungan dalam paragraf karangan siswa SMP kelas VII, dilihat dari segi kohesi gramatikal, kohesi leksikal, dan koherensi, (2) Unsur-unsur penyebab kalimat-kalimat tak berkesinambungan, dan (3) implikasi dalam pembelajaran menulis.
Tujuan penelitian ini yaitu menginventarisasi dan mengidentifikasi jenis-jenis kalimat yang tak berkesinambungan dalam paragraf karangan siswa SMP kelas VII, dilihat dari segi kohesi gramatikal, kohesi leksikal, dan koherensi, mendeskripsikan unsur-unsur penyebab terjadinya ketaksinambungan kalimat dalam paragraf karangan siswa tersebut, serta mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran menulis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data berupa karangan-karangan siswa SMP kelas VII di SMP Negeri 4 Adiwerna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik telaah isi. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga langkah yaitu (1) setiap penggalan karangan itu dianalisis berdasarkan kalimat tak berkesinambungan, (2) Menganalisis unsur-unsur penyebab kalimat tak berkesinambungan berdasarkan kohesi gramatikal, kohesi leksikal, dan koherensi, (3) menghitung jumlah kalimat tak berkesinambungan dilihat dari segi kohesi gramatikal, kohesi leksikal, dan koherensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 158 kalimat tak berkesinambungan dalam paragraf karangan siswa SMP kelas VII. Adapun penyebab kalimat-kalimat tak berkesinambungan yaitu karena faktor kohesi gramatikal, kohesi leksikal, dan koherensi. Penanda kohesi gramatikal yang ditemukan dalam penelitian ini adalah penunjukan, penggantian, pelesapan, dan perangkaian. Penanda kohesi leksikal yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pengulangan. Penanda koherensi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pertalian penjumlahan, pertalian perturutan, pertalian waktu, dan pertalian penjelasan.
Implikasi dalam pembelajaran menulis sesuai dengan silabus dan RPP yang sudah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyaraknan supaya siswa perlu diajarkan hubungan kohesif dan koherens baik secara gramatikal, leksikal, maupun semantik.
01510500174 | NIS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain