Skripsi
KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata kunci: kritik sosial, novel Negeri di Ujung Tanduk, dan implikasi.
Karya sastra merupakan rekaan atau buatan yang diambil dari realitas alamiah sebagai bahan mentah atau sumber alamiah. Sastra adalah bahasa yang dipakai dalam tulisan karya tulis yang memiliki nilai seni. Karya sastra, merupakan karya imajinatif yang mengisahkan kehidupan umat manusia dalam menjalani kehidupan.
Identifikasi datanya adalah novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye yang menceritakan tentang pentas panggung politik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek kritik sosial dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye, dan mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA.
Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. Wujud data dalam penelitian ini berupa cuplikan/penggalan wacana yang mengandung kritik sosial dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, yakni suatu cara kerja penelitian dengan mencari data atau informasi dari buku-buku menunjang kelengkapan teori sastra mampu menjawab permasalahan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi.
Berdasarkan analisis, penulis menemukan bahwa kritik sosial yang terdapat dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye memiliki kritik tentang nilai sosial ada 29 kutipan dengan prosentase 78,3%, nilai sejarah ada 6 kutipan dengan prosentase 16,2%, dan nilai adat budaya ada 2 kutipan dengan prosentase 5,4%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Negeri di Ujung Tanduk dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran sastra di SMA. Selain itu, wujud nilai-nilai pendidikan dalam novel tersebut juga baik untuk diajarkan pada anak-anak didik karena isi yang terkandung di dalamnya sangat positif dan memiliki nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat.
01510500031 | ROS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain