Skripsi
ANALISIS PSIKOLOGIS SASTRA TOKOH – TOKOH DALAM NOVEL PELABUHAN TAK BERTEPI KARYA HUSAIN MU’NIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci : Psikologi Sastra, Novel, Implikasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana karakter tokoh-tokoh dalam Novel Pelabuhan Tak Bertepi berdasarkan struktur kepribadian, dinamika kepribadian, dan perkembangan kepribadian? (2) bagaimana alternatif pembelajaran novel pembelajaran novel Pelabuhan Tak Betepi karya Husain Mu’nis di SMA?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakter tokoh-tokoh dalam Novel Pelabuhan Tak Bertepi karya Husain Mu’nis berdasarkan struktur kepribadian, dinamika kepribadian dan perkembangan kepribadian. (2) mendeskriptifkan alternatif pembelajaran Novel Pelabuhan Tak Bertepi karya Husain Mu’nis di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Sasaran dalam penelitian ini adalah aspek psikologi dalam novel Pelabuhan Tak Bertepi karya Husain Mu’nis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsi penokohan aspek psikologi dalam Novel Pelabuhan Tak Bertepi . sesuai dengan analisis teknik pembacaan semiotika yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Unsur yang dianalisis ditekankan pada penokohan untuk mengetahui aspek psikologi yang dikemudian dikaji dengan menggunakan pendekatan psikologi.
Hasil penelitian ini memperlihatkan tokoh dan penokohan aspek psikologi dalam Novel Pelabuhan Tak Bertepi karya Husain Mu’nis yaitu tentang aspek psikologi yang terdiri Struktur kepribadian dalam novel Pelabuhan Tak Bertepi yang mencangkup Das Es, Das Uber Ich, Das Uber Ich, Dinamika kepribadian novel tersebut, yang mengalami dinamika menonjol adalah tokoh Nadia (karena mengalamibanyak konflik dan tekanan batin. Di dalam perkembangan kepribadian Nadia menjadi seorang penyabar, namun lama kelamaan tak kuat dengan keadaan akhirnya Nadia memberontaknya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Pelabuhan Tak Bertepi karya Husain Mu’nis dapat dijadikan sabagai alternatif bahan pembelajaran sastra di SMA. Hal tersebut karena isi yang terkandung dalam novel tersebut ada yang positif. Di samping itu, juga ada yang bersifat negatif. Sifat-sifat positif itulah yang dapat dijadikan contoh karena nilai- kepribadian yang bermanfaat dan dapat dijadikan suri tauladan bagi siswa atau pembacanya.
01510500054 | RIZ a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain