Skripsi
PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL PEREMPUAN JOGJA KARYA ACHMAD MUNIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata kunci : gaya bahasa, implikasi, pembelajaran
Novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif merupakan salah satu novel yang menarik dari segi bahasanya yang bervariasi dalam menyampaikan gagasannya untuk memberikan makna. Berdasarkan hal tersebut penulis memilih novel Perempuan Jogja untuk dikaji dari segi gaya bahasa berdasarkan penegasan, sindiran, pertentangan, dan perbandingan.
Rumusan masalah yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) Jenis-jenis gaya bahasa apa sajakah dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif. (2) Bagaimanakah implikasi pembelajaran penggunaan gaya bahasa novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif bagi pembelajaraan sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis gaya bahasa yang digunakan Achmad Munif dalam novel Perempuan Jogja. (2) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Hasil penelitian ini adalah data yang diperoleh 57 kutipan novel. Berdasarkan penegasan terdiri dari gaya bahasa apofasis atau preterisio 2 = (4%), gaya bahasa repetisi 3 = (5%), gaya bahasa pleonasme, 5 = (9%), gaya bahasa retoris 3 = (5%), gaya bahasa tautologi 3 = (5%), gaya bahasa pararima 7 = (12%). Berdasarkan sindiran meliputi gaya bahasa sarkasme 6 = (11%), gaya bahasa sinisme 5 = (9%). Berdasarkan pertentangan meliputi gaya bahasa antithesis 4 = (7%), gaya bahasa paradoks 2 = (4%). Berdasarkan perbandingan meliputi gaya bahasa metafora 3 = (5%), simile 6 = (11%), gaya bahasa alegori 1 = (2%), gaya bahasa hiperbola 3 = (5%), gaya bahasa perbandingan 4 = (7%).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya bahasa dalam novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif sangat bervariasi hasilnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel Perempuan Jogja karya Achmad Munif layak dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam pembelajaran. Dengan demikinan, hal itu dapat membantu perkembangan dan kematangan berfikir siswa, dapat membentuk kepribadian yang baik bagi siswa serta melatih kepekaan siswa terhadap kehidupan nyata. Bagi siswa, materi dengan objek gaya bahasa memberikan variasi pelajaran terhadap apresiasi karya sastra.
01510500017 | AMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain