Skripsi
BENTUK DAN FUNGSI PRAANGGAPAN PADA WACANA IKLAN DALAM MEDIA ALAT TRANSPORTASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci: bentuk praanggapan, fungsi praanggapan, dan implikasi
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan bentuk praanggapan pada wacana iklan dalam media alat transportasi. (2) Mendeskripsikan fungsi praanggapan pada wacana iklan dalam media alat transportasi. (3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini bersumber dari wacana iklan dalam media alat transportasi. Data penelitian ini adalah teks verbal yang berupa kata, frase, dan kalimat pada wacana iklan dalam media alat transportasi. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data dengan metode agih, teknik baca sebagai dasar, dan teknik catat sebagai teknik lanjutannya. Sebagai upaya penyajian hasil analisis secara verbal, penyajiannya digunakan teknik nonformal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk praanggapan pada wacana iklan dalam media alat transportasi yaitu berupa uraian penjelasan praanggapan yang berbentuk paragraf. Bentuk praanggapan menunjukan maksud dan pesan dari teks verbal pada wacana iklan dapat langsung tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Fungsi praanggapan pada wacana iklan dalam media alat transportasi, meliputi fungsi representatif dan fungsi direktif. Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada siswa kelas X khususnya dalam keterampilan menulis yang dikembangkan menjadi RPP. Terdapat SK (Standar Kompetensi) memahami informasi melalui tuturan. Standar Kompetensi ini tersebut berisi KD (Kompetensi Dasar) menyampaikan isi informasi melalui tuturan langsung.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk dapat belajar mengenai pembuatan iklan atau mengembangkan kemampuan menulis dan siswa dapat membedah maksud atau isi yang terdapat pada teks verbal wacana iklan. Pihak guru disarankan memanfaatkan dan memilih iklan di media apapun yang sesuai anak didiknya, sehingga dalam mengajarkan kepada siswa lebih bervariatif dan tepat pada siswa. Pihak orang tua disarankan untuk memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan kepada anak untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berbahasa yang baik dan benar.
01510500077 | PUJ b C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain