Skripsi
PENGGUNAAN TEKNIK EMPATI DALAM KONSELING INDIVIDU SEBAGAI UPAYA PENGUNGKAPAN PERASAAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Kata kunci : Teknik Empati dalam Konseling Individu, Pengungkapan Perasaan.
Penelitian ini dilatar belakangi tentang penggunaan teknik empati dalam konseling individu yang belum berjalan efektif di sekolah-sekolah dan peserta didik yang belum mampu mengungkapkan perasaannya. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui kemampuan pengungkapan perasaan peserta didik, penggunaan teknik empati dalam konseling individu pada kondisi peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan teknik empati dalam konseling individu dalam membantu pengungkapan perasaan peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket, yang kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif prosentase dan t-test. Jumlah populasi 118 peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, adapun sampel 10% dari jumlah populasi.Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster quota random smpling.
Pengungkapan Perasaan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Slawi tergolong sangat tinggi, terbukti dari hasil penghitungan deskriptif persentase tertinggi sebesar 78,56% berada pada kriteria sangat tinggi. Pelaksanaan teknik empati dalam konseling individu di kelas X SMK Muhammadiyah Slawi tergolong sangat tinggi, terbukti dari hasil penghitungan deskriptif persentase tertinggi sebesar 78,56% berada kriteria sangat tinggi.
Hasil perhitungan analisis data penelitian di SMK Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 diperoleh r_(hitung ) sebesar 0,681 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai r_tabelpada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N= 10 sebesar 2,30. Jadi r_(hitung )>r_tabel atau 2,75 > 2,30 hal ini menunjukkan bahwa terdapat efektifitas yang signifikan konseling individu dengan teknik empati sebagai upaya pengungkapan perasaan peserta didik.
Saran penulis adalah pelaksanaan teknik empati dalam konseling individu sebagai upaya pengungkapan peserta didik dalam kategori sangat baik sehingga perlu dipertahankan dalam usaha membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan kemampuan pengungkapan perasaan peserta didik perlu ditingkatkan lagi di SMK Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
.
01110500247 | PUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain