Skripsi
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci:Motivasi Belajar, Disiplinbelajarpesertadidik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Motivasi Belajar yang belum maksimal dan banyaknya peserta didik yangkurangDisiplin Belajar. Sehingga rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakahmotivasi belajar pesertadidik;(2) Bagaimanakah disiplin belajar peserta didik; (3)Apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar peserta didik, dengan tujuan (1)Mengetahui motivasi belajar peserta didik, (2)Mengetahui disiplin belajar peserta didik, (3)Mengetahui ada tidaknya hubunganpositif dengan signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar peserta didik.
Untuk mengungkap berbagai data yang peneliti lakukan maka harus didukung oleh kajian teoretis yaitu pengertianbelajar, faktor-faktor yangmempengaruhi belajar, kiat menghindari kesulitan belajar, proses belajar, ciri-ciri belajar, pengertian motivasi, motivasi instrinsik dan ekstrinsik, Apakah fungsi/gunanya motif-motif itu, perbedaan motif dan motivasi, tujuan motivasi, dan pengertian disiplin belajar.
Populasinya, peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014, sampel 32 orang yang diambil dengan teknik random sampling.Data diambil menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik Deskriptif Persentase dan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Hasil ujicoba instrumen pada angket yang telah tryoutkan, maka diketahui bahwa 20 item variabel motivasi belajar dan 20 item disiplin belajar dinyatakan valid semua dan reliabel.
Hasil analisis dapat disimpulkan Motivasi belajar peserta didk kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah dalam kriteria baik sebanayak 12 peserta didik atau (37,5%). Disiplin belajar peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah dalam kriteria tinggi sebanayak 14 peserta didik atau (43,8%). Berdasarkan hasil perhitungan rhitung = 0,688 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N = 32 maka diperoleh r tabel = 0,394. Maka ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Sehingga saran yang penulis ajukan yaitu motivasi belajar yang baikdiharapkan dapat diarahkan kepada peserta didik secara menyeluruh.Disiplin belajar yang tinggi dijadikan acuan sebagai bahan contoh bagi guru dalam membimbing peserta didiknya agar peserta didik yang disiplin belajarnya rendah menjadi tinggi.
01108500956 | FOR h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain