Skripsi
“Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Behavioristik Terhadap Perilaku Membolos Saat Jam Pelajaran Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 5 Brebes Tahun Ajaran 2013 /2014”
Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Behavioristik, Membolos Saat Jam Pelajaran.
Konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap perilaku membolos saat jam pelajaran peserta didik. Permasalahan utamanya adalah apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristk terhadap perilaku membolos saat jam pelajaranpeserta didik kelas VIII SMP N 5 Brebes? Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap perilaku membolos saat jam pelajaran peserta didik kelas VIII SMP N 5 Brebes Kabupaten Brebes.
Populasi berjumlah 256 peserta didik, prosedur sampling menggunakan random sampling, sampel penelitian sejumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus korelasi Spearman-Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis Korelasi Product Moment
Hasil uji coba try out untuk variabel X diperoleh 20 item dinyatakan valid dan variabel Y diperoleh 20 item dinyatakan valid dengan rtabel 0,396 (TS 5%). Variabel X dinyatakan reliable dengan hasil 0,834 dan variabel Y dinyatakan reliabel dengan hasil 0,835. Hasil perhitungan tentang layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik diperoleh 25% dengan kategori sangat baik, sedangkan pemilihan jurusan sesuai bakat minat diperoleh 41,67% dengan kategori cukup. Dari hasil perhitungan analisis data diperoleh rhitung>rtabel atau 0,557 > 0,404 (TS 5%), ini berarti Hipotesis Kerja yang berbunyi terdapat pengaruh layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap perilaku membolos saat jam pelajaran peserta didik kelas VIII SMP N 5 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 diterima dan menolak Hipotesis Nihil
Disarankan pada pihak sekolah Kepada pihak sekolah diharapkan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap perilaku membolos saat jam pelajaran dapat diterapkan sebagai cara untuk mengurangi perilaku membolos saat jam pelajaran terhadap peserta didik.Guru pembimbing diharapkan dapat menggunakan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik untuk merubah tingkah laku peserta didik dan mengurangi jumlah angka membolos saat jam pelajaran terhadap peserta didik.Peserta didik diharapkan dengan adanya pengaruh layanan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik terhadap membolos saat jam pelajaran dapat menghilangkan kebiasaan peserta didik membolos saat jam pelajaran dan meningkatkan kualitas belajar lebih baik lagi.
01110500118 | NIN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain