Skripsi
PENGARUH PERKEMBANGAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata kunci: Pengaruh perkembangan emosi, penyesuaian diri peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perkembangan emosi terhadap penyesuaian diri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 280 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 15% dari seluruh populasi yaitu sebanyak 42 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas Instrumen penelitian menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase, analisis statistik korelasi product moment dan koefisien determinan.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat perkembangan emosi peserta didik dari 42 sampel diketahui: kategori sangat rendah 3 responden (7,14%), kategori rendah 4 responden (9,52%), kategori cukup 11 responden (26,19%), kategori sedang 8 responden (19,05%), kategori tinggi 10 responden (23,81%), dan kategori sangat tinggi 6 responden (14,29%). Data tersebut menunjukkan tingkat perkembangan emosi tergolong dalam kategori cukup (26,19%). Sedangkan tingkat penyesuaian diri peserta didik dari 42 sampel diketahui: kategori sangat rendah 7 responden (16,67%), kategori rendah 6 responden (14,29%), kategori cukup 9 responden (21,43%), kategori sedang 6 responden (14,29%), kategori tinggi 8 responden (19,05%), dan kategori sangat tinggi 6 responden (14,29%). Data tersebut menunjukkan tingkat penyesuaian diri tergolong dalam kategori cukup (21,43%). Berdasarkan hasil analisis statistik korelasi diperoleh rxy= 0,815, untuk n= 42 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel= 0,304, maka rxy > rtabel atau 0,815 > 0,304 sehingga Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Berdasarkan analisis koefisien determinan diperoleh r2 sebesar 66,38%. Simpulan dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh perkembangan emosi terhadap penyesuian diri Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Ajaran 2013/2014, variabel perkembangan emosi memberi pengaruh sebesar 66,38% terhadap variabel penyesuaian diri.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran dari penulis, diharapkan guru pembimbing dapat lebih meningkatkan program layanan bimbingan dan konseling sehingga perkembangan emosi dan penyesuaian diri peserta didik dapat dikembangkan dan ditingkatkan sesuai dengan tugas perkembangannya secara optimal.
01110500007 | IMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain