Skripsi
PENGARUH KETERGANTUNGAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Pengaruh, ketergantungan, game online, motivasi belajar dan peserta didik
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketergantungan game online yang sangat berdampak terhadap motivasi belajar peserta didik sehingga rumusan masalahnya adalah 1) bagaimana tingkat ketergantungan peserta didik terhadap game online, 2) bagaimana motivasi belajar peserta didik, 3) adakah pengaruh tingkat ketergantungan game online terhadap motivasi belajar peserta didik, dan 4) seberapa besar kontribusi pengaruh ketergantungan game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan tujuan untuk mengetahui: 1) tingkat ketergantungan terhadap game online, 2) motivasi belajar peserta didik, 3) tingkat ketergantungan game online terhadap motivasi belajar peserta didik, dan 4) besarnya kontribusi pengaruh ketergantungan game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 360 peserta didik, sampel ditentukan 12% diperoleh 44 peserta didik yang diambil 5 peserta didik dari masing-masing kelas, pengambilan sampling dengan menggunakan purposive sample, data dikumpulkan dengan teknik utama angket didukung dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik deskripsi presentase dan statistik korelasi product moment. Hasil try out diperoleh semua item variabel X valid dengan r1.1 = 0,672 (reliabilitas cukup) sedangkan variabel Y juga semua item valid dengan r1.1 = 0,596 (reliabilitas cukup).
Hasil analisis, diketahui ketergantungan game online di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pelamang tahun pelajaran 2013/2014 tergolong dalam kategori rendah (27,27%) pada interval skor 37-44 sebanyak 12 responden dan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pelamang tahun pelajaran 2013/2014 tergolong dalam kategori cukup (31,82%) pada interval skor 69-71 sebanyak 8 responden. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan statistik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,408 setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 44 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,297, maka rxy > rtabel atau 0,408 > 0,297 yang berarti Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan ketergantungan game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang 2013/2014.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing lebih meminimalkan bermain game online agar tidak menghambat aktivitas-aktivitas belajar yang seharusnya dilakukan oleh peserta didik.
01110500060 | APR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain