Skripsi
UPAYA BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK (PENELITIAN TINDAKAN BIMBINGAN KONSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KEDUNGUTER 02 BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
Kata Kunci: Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan. Penelitian ini membahas kesulitan belajar dan bimbingan belajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya mengatasi kesulitan belajar melalui bimbingan belajar.
Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kedunguter 02 Kecamatan Brebes 2013/2014, sedangkan datanya berupa skor hasil ulangan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan atau observasi. Teknik analisis data menggunakan metode diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dan siklus-siklus.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Penggunaan layanan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar efektif dapat mengurangi atau menurunkan kesulitan belajar peserta didik. (2) Pada siklus II ada penurunan kesulitan belajar peserta didik. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari kondisi awal yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 9 anak menjadi 6 anak dan pada siklus II semua peserta didik sudah menerapkan belajar efektif, hal berarti mengalami penurunan kesulitan belajar Bahasa Indonesia sebanyak 100% dari siklus I. Pada mata pelajaran Matematika dari kondisi awal yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 33 anak, berkurang menjadi 14 pada siklus kedua, dan tersisa 1 anak yang masih mengalami kesulitan belajar, hal ini berarti mengalami penurunan kesulitan belajar Matematika sebesar 92.86% dari pada siklus I. Begitu juga dengan mata pelajaran IPA dari kondisi awal yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 24 anak, berkurang menjadi 1 pada siklus kedua, dan tersisa 1 anak yang belum menerapkan belajar efektif, hal ini berarti mengalami penurunan kesulitan belajar IPA sebesar 95.83% dari pada siklus I.
Hasil penelitian ini belum mampu menjawab kesulitan belajar secara tuntas. Ruang lingkup yang terbatas, kondisi psikologis umur tiap jenjang sekolah yang berbeda, dan beraneka ragam layanan bimbingan memberi kesempatan pada peneliti untuk dikaji lebih dalam agar khasanah ilmu layanan bimbingan bisa berkembang dan berguna.
01108501057 | AFI u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain