Skripsi
PERAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEMANDIRIAN PILIHAN STUDI LANJUT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Bimbingan Karir, Kemandirian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peran bimbingan karir terhadap kemandirian pilihan studi lanjut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 283. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 15% dari seluruh populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian berupa angket diujui dengan menggunakan uji validitas korelasi product moment dengan angka kasar dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan peran bimbingan karir peserta didik dari 45 sampel diketahui: kategori sangat buruk 2 respoden (4,4%), buruk 8 responden (17,8%), sedang 12 responden (26,7%), cukup 7 responden (15,6%), baik 15 responden (33,3%), sangat baik 1 responden (2,2%). Data tersebut menunjukkan peran bimbingan karir tergolong dalam kategori baik (33,3%). Sedangkan kemandirian pilihan studi lanjut peserta didik dari 45 sampel diketahui: kategori sangat rendah 10 responden (22,2%), rendah 2 responden (4,4%), sedang 7 responden (15,5%), cukup 11 responden (24,4%), tinggi 12 responden (26,7%) dan sangat tinggi 3 responden (6,7%). Data tersebut menunjukkan kemandirian pilihan studi lanjut peserta didik tergolong dalam kategori tinggi (26,7%). Berdasarkan hasil analisis statistik korelasi diperoleh r_xy = 0,301, untuk n= 45 taraf signifikan 5% diperoleh r_tabel= 0,294, maka r_xy>〖 r〗_tabel atau 0,301 > 0,294 sehingga Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Simpulan dari penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara peran bimbingan karir terhadap kemandirian pilihan studi lanjut peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran dari penulis, diharapkan guru pembimbing dapat lebih meningkatkan layanan bimbingan karir guna memberikan pengarahan dan pemahan tentang kemandirian pilihan studi lanjut, agar peserta didik dapat mengambil keputusan karir dengan tepat.
01110500157 | RAK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain