Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Penyimpangan Perilaku Sosial, Peserta Didik.
Rumusan masalah, bagaimanakah pemberian layanan bimbingan kelompok pada peserta didik ? Bagaimanakah pemahaman penyimpangan perilaku sosial peserta didik ? Apakah pemberian layanan bimbingan kelompok mempunyai nilai yang Efektif Terhadap Pemahaman Penyimpangan Perilaku Sosial Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berperilaku menyimpang sebanyak 40 dari 387 peserta didik, pengambilan sampel dengan cara sampel penuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara, dokumentasi dan melakukan bimbingan kelompok. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan teknik t-tes dan deskriptif prosentase.
Berdasarkan r hitung (korelasi rxy) sebesar 0,841 ternyata lebih besar dari t tabel dengan N = 40 taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel = 0,312 sehingga dengan demikian r hitung > r tabel (0,841>0,312). Karena r hitung lebih besar dari nilai r tabel, maka dalam penelitian ini Ho yang mengatakan bahwa “ Tidak ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap pemahaman penyimpangan perilaku sosial pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014”, ditolak. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “ Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman penyimpangan perilaku sosial kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, maka disarankan layanan bimbingan kelompok tentang materi pemahaman penyimpangan perilaku sosial pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Tahun Pelajaran 2013/2014 sangatlah diperlukan waktu tatap muka di kelas. Guru bimbingan dan konseling hendaknya secara periodik menyelenggarakan bimbingan kelompok sebagai latihan interaksi sosial, karena bimbingan kelompok dapat memperkecil timbulnya perilaku menyimpang bagi peserta didik saat remaja.
0111050011 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain