Skripsi
KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENTINGNYA BERKONSULTASI TENTANG PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PADA PENDIDIK KELAS A1 TK PERTIWI 26-28 PEGIRIKAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL
Kata Kunci: Kesadaran orang tua, Konsultasi tentang perkembangan emosi anak
Perkembangan anak sangat penting untuk diperhatikan, termasuk di dalamnya adalah perkembangan emosi. Kesadaran orang tua dalam berkosultasi tentang perkembangan anak sangat penting. Permasalahan yang muncul adalah banyak orang tua yang enggan berkonsultasi dengan pendidik mengenai perkembangan emosi anak pada pendidik kelas A1 TK Pertiwi 26-28 Pegirikan Tahun Pelajaran 2013/2014 ditinjau dari tingkat pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran orang tua untuk berkonsultasi dengan pendidik mengenai perkembangan emosi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan yaitu orang tua peserta didik dengan jumlah 32. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Dari populasi diambil 4 orang tua sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka ditemukan tingkat pendidikan orang tua yang rendah, menganggap perkembangan emosi tidak penting, tidak percaya diri, kurang mampu mengatur diri menyesuaikan dengan kegiatan, tidak adanya kesempatan untuk berkonsultasi pada saat jam sekolah, dan tidak tersedia ruang konsultasi. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran orang tua untuk berkonsultasi yaitu tingkat pendidikan, kemampuan orang tua mengatur diri menyesuaikan dengan kegiatan, dan tidak ada kesempatan bagi orang tua untuk berkonsultasi pada saat jam sekolah, serta tidak tersedia ruang konsultasi bagi orang tua.
Saran yang diberikan yaitu, sebaiknya orang tua lebih memahami akan pentingnya perkembangan emosi anak dan berusaha untuk mengatur diri supaya mampu menyesuaikan dengan kegiatan agar dapat melakukan konsultasi dengan pendidik. Pihak sekolah mengatur tugas pendidik dan pemberian kesempatan kepada orang tua untuk berkonsultasi, serta sediakan ruang konsultasi.
01110500082 | TUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain