Skripsi
PENGARUH MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK DIPONEGORO LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Strategi Diskusi dalam Bimbingan Kelompok, Keaktifan Belajar Peserta Didik.
Strategi diskusi dalam bimbingan kelompok merupakan suatu upaya bimbingan melalui ke¬giatan kelompok yang dilaksanakan melalui diskusi dengan proses interaksi antar dua atau lebih individu, saling tukar menukar pengalaman, memecahkan masalah untuk mencapai tujuan bimbingan dan konse¬ling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efektifitas strategi diskusi dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik di sekolah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 199 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 22 peserta didik dari jumlah populasi yang ada. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain perbandingan kelompok statis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis t-tes perbandingan dua kelompok bebas. Instrumen yang digunakan sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dengan analisis deskriptif persentase, tingkat keaktifan belajar peserta didik yang mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan strategi modeling diperoleh hasil sebesar 63,6%, sedangkan untuk kelompok yang tidak mengikuti layanan sebesar 45,5%. Dari hasil tersebut nampak bahwa dengan penggunaan strategi diskusi dalam layanan bimbingan kelompok, keaktifan belajar peserta didik dapat meningkat.
Hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-tes perbandingan dua kelompok bebas tentang penggunaan strategi diskusi dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik, diperoleh harga thitung = 8,56 dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df ) = 10, diperoleh t tabel = 2,228. Data hasil perhitungan setelah dikonsultasikan dengan ttabel ternyata diperoleh thitung > ttabel = 8,56 > 2,228, sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil perhitungan data hasil penelitian signifikan dengan dibuktikan Ho ditolak dan Ha diterima.
Saran yang direkomendasikan adalah, guru pembimbing bersama-sama dengan pihak terkait lainnya di sekolah, hendaknya selalu mengefektifkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan strategi diskusi pada peserta didik yang memiliki keaktifan belajar peserta didik yang tergolong rendah. Serta dapat melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat meningkatkan keaktifan belajar menjadi lebih baik.
01110500168 | AFF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain