Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MA’ARIF NU TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Teknik Modeling dan Kematangan Karir.
Kematangan karir adalah kompetensi individu untuk membuat keputusan karir yang meliputi pembuatan perencanaan karir, pengumpulan informasi mengenai pekerjaan sebagai tugas perkembangan tahapan karirnya yang sedang dijalani. Teknik modeling merupakan teknik yang digunakan untuk membentuk perilaku baru individu melalui proses belajar dengan pengamatan dari model. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik modeling terhadap peningkatan kematangan karir peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pre- eksperimental one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 33 peserta didik. Sampel yang diambil adalah 33 peserta didik dengan menggunakan total sampling. Variabel yang diteliti adalah teknik modeling sebagai variabel bebas dan kematangan karir sebagai variabel terikat. Data penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan wawancara. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearrman Born. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa pelaksanaan teknik modeling pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 terlaksana dengan baik (55,5%). Tingkat kematangan karir dari 33 peserta didik sebelum diberikan teknik modeling (pre-test) adalah kurang sebanyak 16 (48,5%), cukup 11 (33,3%), baik 6 (18,2%) dan setelah diberikan teknik modeling (post-test) tingkat kematangan karir peserta didik meningkat menjadi sangat baik sebanyak 7 (21,1%), baik 26 (78,9%). Hasil uji hipotesis diperoleh rhitung lebih lebih besar dari tabel distribusi t 15,43 > 2,032 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Simpulan hasil penelitian ini adalah teknik modeling efektif untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran, agar pelaksanaan teknik modeling dapat diprogramkan secara periodik untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik.
01110500006 | AFF k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain