Skripsi
EFEKTIFITAS STRATEGI MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Strategi Modeling dalam Bimbingan Kelompok, Peningkatan Kepercayaan Diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efektifitas strategi modeling dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik di sekolah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMA Al Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 116 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 24 peserta didik dari jumlah populasi yang ada Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain perbandingan kelompok statis (The Static-Group Comparisson). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis t-tes perbandingan dua kelompok bebas. Instrumen yang digunakan sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dengan analisis deskriptif persentase, tingkat kepercayaan diri peserta didik yang mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan strategi modeling diperoleh hasil sebesar 76,61% masuk dalam kriteria tinggi, sedangkan untuk kelompok yang tidak mengikuti layanan sebesar 65,66% masuk dalam kriteria kurang. Dari hasil tersebut nampak bahwa dengan penggunaan strategi modeling dalam layanan bimbingan kelompok, kepercayaan diri peserta didik dapat meningkat.
Hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-tes perbandingan dua kelompok bebas tentang penggunaan strategi modeling dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik, diperoleh harga thitung = 4,63 dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df ) = 22, diperoleh t tabel = 2,07. Data hasil perhitungan setelah dikonsultasikan dengan ttabel ternyata diperoleh thitung > ttabel = 4,63 > 2,074, sehingga dapat dinyatakan bahwa hasil perhitungan data hasil penelitian signifikan dengan dibuktikan Ho ditolak dan Ha diterima.
Saran yang direkomendasikan adalah, guru pembimbing bersama-sama dengan pihak terkait lainnya di sekolah, hendaknya selalu mengefektifkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan strategi modeling pada peserta didik yang memiliki kepercayaan diri yang tergolong rendah. Selain itu, guru pembimbing perlu melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat mengembangkan kepercayaan dirinya menjadi lebih baik.
01110500052 | ARI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain