Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF TERAPI DENGAN TEKNIK ASSERTIVE ADAPTIVE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Pendekatan Rasional Emotif Terapi Dengan Teknik Assertive Adaptive dan Motivasi Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar dalam proses pembelajaran, tetapi pada kenyataannya masih ada peserta didik yang motivasi belajarnya rendah sehingga menghambat proses belajar dan berdampak pada pencapaian prestasi belajar peserta didik. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pendekatan rasional emotif terapi dengan teknik assertive adaptive terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan rasional emotif terapi dengan teknik assertive adaptive terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi, Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan spearman brown, yang kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase, korelasi product moment, dan koefisien determinasi. Jumlah populasi 296 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, adapun sampel 15% dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling.
Hasil perhitungan analisis data penelitian diperoleh r_(hitung ) sebesar 0,400 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai r_tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N= 48 sebesar 0,284. Jadi r_(hitung ) > r_tabel atau 0,400 > 0,284 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan rasional emotif terapi dengan teknik assertive adaptive terhadap peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Kontribusi yang diberikan pada variabel X terhadap variabel Y = rxy2 x 100% = 0,4002 x 100% = 16% x 100% = 16%. Faktor – faktor lain yang tidak diteliti = 100% - 16% = 84%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “ada pengaruh yang signifikan pendekatan rasional emotif terapi dengan teknik assertive adaptive terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014”. Disarankan bagi guru BK agar diupayakan maksimal dalam memberikan bimbingan dan konseling berpendekatan rasioanal emotif terapi dengan teknik assertive adaptive kepada peserta didik yang motivasi belajarnya rendah.
01110500044 | DIN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain