Skripsi
PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SLAWI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Lingkungan Pergaulan Teman Sebaya di Sekolah, Kedisiplinan Peserta Didik
Masih adanya tindak indisipliner di sekolah menjadi masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) lingkungan pergaulan teman sebaya di sekolah pada peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi, 2) kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi, dan3) pengaruh lingkungan pergaulan teman sebaya di sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi tahun pelajaran 2013/2014
Jika r_hit>r_tab maka hipotesis diterima (Ha) artinya ada pengaruh yang signifikan lingkungan pergaulan teman sebaya di sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2013/2014, dan jika r_hit
Hasil penelitian menunjukan: 1) lingkungan pergaulan teman sebaya di SMK Muhammadiyah Slawi termasuk dalam kategori sangat baik (30,0%), 2) tingkat kedisiplinan peserta didik SMK Muhammadiyah Slawi termasuk dalam kategori sedang (25,0%), 3) ada pengaruh signifikan lingkungan pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Pelajaran 2013/ 2014 dengan rxy = 0,828 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 20 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,444, maka rxy> rtabel atau 0,828> 0,444 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 68,56% sedangkan 31,44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak saya teliti.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan: 1) konselor bisa memberikan bimbingan misalnya saja berupa layanan informasi kepada peserta didiknya mengenai lingkungan pergaulan teman sebaya guna menciptakan lingkungan pergaulan yang semakin baik di SMK Muhammadiyah Slawi, 2) guru sebaiknya mampu memberikan teladan yang baik bagi peserta didik untuk berlaku disiplin agar bisa menjadi suri tauladan, 3) guru hendaknya bisa mengoptimalkan pengaruh teman sebaya untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dengan lebih memperhatikan perkembangan peserta didik dan memberikan dukungan pada terbentuknya lingkungan pergaulan yang baik di sekolah.
01110500062 | FAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain