Skripsi
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI KONSELOR (Studi Analisis pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014)
Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa dan Penguasaan Kompetensi Konselor
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya peran konselor dalam program pendidikan disekolah yaitu sebagai penunjang pelaksanaan program pendidikan. Dalam menjalankan tugasnya seorang konselor harus didukung oleh dasar keilmuan pendidikan. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh berbagai pihak menunjukan kurangnya penguasaan kompetensi konselor yang dimiliki oleh guru BK. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap penguasaan kompetensi konselor pada mahasiswa tingkat akhir Progdi BK FKIP Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa tingkat akhir sebelum lulus S1. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Ada Persepsi Mahasiswa yang Positif Terhadap Penguasaan Kompetensi Konselor Pada Mahasiswa.
Populasi pada penelitian ini sejumlah 217 mahasiswa tingkat akhir program studi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014, adapun sampel 10% dari jumlah populasi Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan spearman brown, yang kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase, korelasi product moment, dan koefisien determinasi.
Hasil perhitungan analisis data penelitian diperoleh r_(hitung ) sebesar 0,444 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai r_tabelpada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N= 20 sebesar 0,638. Jadi r_(hitung )>r_tabel atau 0,444 > 0,638 hal ini menunjukkan bahwa ada persepsi mahasiswa yang positif terhadap penguasaan kompetensi konselor pada mahasiswa tingkat akhir program studi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014. Kontribusi yang diberikan pada variabel X terhadap variabel Y sebesar 40,70%. Sedangkan faktor – faktor lain yang tidak diteliti sebesar 59,30%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “ada persepsi mahasiswa yang positif terhadap penguasaan kompetensi konselor pada mahasiswa tingkat akhir program studi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2013/2014”. Disarankan baik bagi dosen maupun mahasiswa mampu meningkatkan penguasaan kompetensi konselor sehingga dapat menghasilkan lulusan bimbingan dan konseling yang lebih berkualitas.
01110500028 | RAK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain