Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN BEHAVIORISTIK MELALUI THERAPY AVERSION TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU MENCONTEK PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci :Pendekatan Behavioristik Melalui Therapy Aversion dan
Perilaku Mencontek
Perilaku mencontek bagi peserta didik amat tidak terpuji bila dilakukan. Permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimana Pengaruh Pendekatan Behavioristik Melalui Therapy Aversion Terhadap Pengurangan Perilaku Mencontek Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah guna untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan tersebut agar perilaku mencontek berkurang disekolah itu.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 157 peserta didik, secara cluster quota random sampling diambil 20% sehingga ditetapkan sampel sejumlah 32 peserta didik. Pendekatan Behavioristik Melalui Therapy Aversion sebagai variabel bebas dan Perilaku Mencontek yang dilakukan peserta didik sebagai variabel terikat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini rumus yang digunakan perhitungan korelasi dan teknik analisis data yaitu product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Serta menggunakan ruus deteminasi untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan Variabel Y.
Dari hasil analisis diperoleh r_xy sebesar 0,403 jika dibandingkan dengan r_(tabel ) taraf signifikan 5% dengan N=32 diperoleh harga r_(tabel )sebesar 0,349 maka dapat disimpulkan r_xy > r_(tabel ) artinya adanya Pengaruh Pendekatan Behavioristik Melalui Therapy Aversion Terhadap Pengurangan Perilaku Mencontek Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Serta nilai sumbangan yang diberikan sebesar 16,241% .
Saran bagi peserta didik memahami bahwa perilaku mencontek tidak baik, bagi guru BK dapat menggunakan Pendekatan Behavioristik Teknik Therapy Aversion cukup efektif dalam Mengurangi Perilaku Mencontek Peserta Didik.
01110500112 | GUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain