Skripsi
PENERAPAN TEORI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN ASPEK KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN MUSLIMAT NU 33 GROBOG KULON KECAMATAN PANGKAH KAB.TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Teori Humanistik, Aspek Kognitif Anak
Rumusan masalah penelitian karena banyak orang tua yang merasa
anaknya mengalami kesulitan dalam perkembangan aspek kognitif. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya penerapan teori humanistik dengan cara pemenuhan lima kebutuhan dasar manusia sebelum pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan aspek kognitif pada anak usia dini KB Muslimat NU 33 Grobog Kulon kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian peserta didik usia 5-6 tahun KB Muslimat NU 33 Grobog Kulon Kabupaten Tegal Tahun Pelajran 2013/2014 sebanyak 30 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian hanya peserta didik yang memiliki rentang usia antara 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah daftar checklist, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian menggunakan rumus kolerasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua split half. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Deskriptif dan teknik t-test
Dari hasil analisis pre test-post test diketahui ada peningkatan perolehan skor pre test dan post test. Perolehan skor pre test instrumen aspek kognitif anak usia dini tergolong cukup perolehan skor 48-54 dengan persentase 16.67%,karena pembelajaran mengarah pada hasil tapi tidak mementingkan proses, kondisi anak sebelum belajar tidak pentingkan, setelah di lakukan treatmen perolehan skor post test menjadi sangat baik skor di atas 75 dengan persentase 30% karena sebelum belajar terlebih dahulu dilakukan treatmen, lebih mementingkan proses dari pada hasil. Dari hasil analisis data di peroleh t_(hitung ) sebesar 9.69 sedangkan t_tabel dengan taraf signifikan 1% dengan N=30 di peroleh 2.750 sehingga jika hasil perhitungan di konsultasikan dengan t_tabel ternyata t_(hitung )>t_tabel atau 9.69>2.750, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak bahwa ada peningkatan aspek kognitif dengan menerapkan teori humanistik pada anak usia dini KB Muslimat NU 33 Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pada kategori sangat baik dengan persentase 30%
Simpulan hasil peneitian adalah ada peningkatan aspek kognitif dengan menerapkan teori humanistik pada anak usia dini KB Muslimat NU 33 Grobog Kulon Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2013/2014. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu di harapkan guru pembimbing bisa menerapkan teori humanistik dalam pembelajaran sehingga bisa meningkatkan perkembangan peserta didik khususnya dalam aspek kognitif.
01110500246 | FAI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain