Skripsi
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN GESTALT TERHADAP KEMANDIRIAN (Studi terhadap peserta didik kelasX) SMA Negeri 1 KetanggunganBrebes TahunPelajaran 2013/2014
Kata kunci :KonselingKelompokBerpendekatanGestalt, Kemandirian
Layanankonselingkelompokberpendekatangestaltdipandangmampumeningkatkankemandirianpesertadidik.Permasalahanutamadalampenelitianiniapakahlayanankonselingkelompokberpendekatangestaltefektifterhadapkemandirianpesertadidik.Tujuanpenelitianuntukmengetahuitingkat pengaruh layanankonselingkelompokberpendekatangestaltterhadapkemandirianpesertadidik.
Populasi pesertadidik kelas XSMA Negeri 1 KetanggunganKabupaten Brebesberjumlah148, pengambilan sampeldengan teknik random samplingterdata sebanyak 36pesertadidik.Teknik pengumpulan data yang digunakanadalahangket, wawancara, dan dokumentasi.Uji validitas dan reliabilitas angket dengan korelasi Pearson angket dinyatakan valid dan reliabel.Uji analisis data deskriptif dan secara statistik dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil deskriptif menunjukkanbahwalayanankonselingkelompokberpendekatangestalt dipersepsi cukup baikoleh 16 pesertadidik (44,4%), sedangkantingkat kemandiriandipersepsi dalam kategori sedang oleh 15 pesertadidik (41,6%).
Uji hipotesis dari analisis statistik diperoleh nilai rxy sebesar 0,666. Harga rxy tersebut dikonsultasikan dengan harga rtabel N = 36 taraf signifikan 5% sebesar 0,444. Hasilnya adalah rxy> rtabel, berarti hipotesis yang berbunyi “Adanya Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Gestalt Terhadap Kemandirian Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014”. dinyatakanditerimadanmenolakhipotesisnihil (Ho).
Kepada sekolahdiharapkanhasil penelitian digunakan sebagai bahan pengambilan kebijakan dalam pelaksanaan beraneka macam pendekatan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian pada peserta didik.Bagi konselordiharapkandapatmeningkatkan pelayananbimbingandankonseling di sekolahkhususnyalayanankonselingkelompok.Dan bagi peserta didikdiharapkanhasilpenelitiandapatmengetahui manfaat, tujuan dan pelaksanaanlayanan konselingkelompok di sekolah dalam meningkatkankemandirian yang lebihbaik.
01110500025 | YUN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain