Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERWIRAUSAHA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK PGRI TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Sikap Berwirausaha
Penerapan jiwa wirausaha pada peserta didik sangat diperlukan untuk menghadapi masa depan yang sudah mengglobal. Jika pada diri individu sudah tertanam jiwa wirausaha, maka wirausaha dapat menjadi alternatif untuk tidak menjadi pengangguran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah: 1) sikap berwirausaha peserta didik sebelum pelaksanaan layanan bimbingan karir. 2) sikap berwirausaha peserta didik setelah pelaksanaan layanan bimbingan karir. 3) peran layanan bimbingan karir dalam meningkatkan sikap berwirausaha pada peserta didik kelas XI Pemasaran SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) sikap berwirausaha peserta didik sebelum pelaksanaan layanan bimbingan karir. 2) sikap berwirausaha peserta didik setelah pelaksanaan layanan bimbingan karir. 3) peran layanan bimbingan karir dalam meningkatkan sikap berwirausaha pada peserta didik kelas XI Pemasaran SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Pemasaran SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 26 peserta didik. Sampel diambil semua sebanyak 26 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t-test dan deskriptif persentase. Soal ujicoba instrmen untuk variabel X 20 item dan variabel Y 20 item, semua item valid dan reliabel.
Dari hasil analisis diketahui sikap berwirausaha peserta didik sebelum pelaksanaan layanan bimbingan karir pada peserta didik kelas XI Pemasaran SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah dalam kriteria buruk 38,5%. Sikap berwirausaha setelah pelaksanaan layanan bimbingan karir pada peserta didik kelas XI Pemasaran SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah dalam kriteria baik 46,2%. Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,023. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 26 – 1 = 25 dimana diperoleh ttable = 2,060 ternyata thitung = 5,023 > ttabel = 2,060 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang menyatakan “Terdapat peran layanan bimbingan karir dalam meningkatkan sikap berwirausaha pada peserta didik kelas XI Pemasaran SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Guru hendaknya memberikan teladan bagi peserta didik, sikap berwirausaha pada peserta didik yang baik dapat dijadikan contoh bagi peserta didik yang kurang berjiwa wirausaha dalam kehidupan.
01110500161 | SAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain