Skripsi
MERUBAH PERSEPSI TENTANG GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEBAGAI POLISI SEKOLAH MELALUI LAYANAN INFORMASI KEPADA PESERTA DIDIK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) SMK N 1 DUKUHTURI TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Informasi, Persepsi Guru BK sebagai polisi sekolah
Persepsi peserta didik yang kurang tepat terhadap guru bimbingan konseling disekolah secara langsung akan menghambat peserta didik untuk terbuka serta menjalin hubungan yang harmonis dengan guru bimbingan konseling. Peserta didik perlu mendapatkan perhatian yang serius dan menemukan solusi yang terbaik agar nantinya pelayanan bimbingan dapat berjalan dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Persepsi tentang guru bimbingan dan konseling sebagai polisi sekolah sebelum layanan informasi. 2) Persepsi tentang guru bimbingan dan konseling sebagai polisi sekolah setelah layanan informasi. 3) Keefektifan layanan informasi dalam merubah persepsi tentang guru bimbingan konseling sebagai polisi sekolah pada peserta didik kelas X SMK N 1 Dukuhturi Tahun pelajaran 2013/2014
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Administrasi perkantoran SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 102. Sampel diambil 25% dari 102 = 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t-test dan deskriptif persentase.
Dari hasil analisis diketahui persepsi tentang guru bimbingan dan konseling sebagai polisi sekolah sebelum layanan informasi pada peserta didik kelas X di SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah dalam kriteria buruk. Persepsi tentang guru bimbingan dan konseling sebagai polisi sekolah setelah layanan informasi pada peserta didik kelas X di SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah dalam kriteria baik. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,28 kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau (= 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 35 – 1 = 34 dimana diperoleh ttable = 2,064 ternyata thitung = 9,772 > ttabel = 2,064 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang menyatakan “Ada keefektifan layanan informasi dalam merubah persepsi tentang guru bimbingan konseling sebagai polisi sekolah pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK N 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2013/2014”.
01110500040 | RAH m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain