Skripsi
HUBUNGAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Penguasan Konten Dengan Media Poster dan Kedisiplinan Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan media poster dan kondisi kedisiplinan belajar peserta didik setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan media poster , serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan layanan penguasaan konten dengan media poster terhadap kedisiplinan belajar peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 160 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 25% dari tiap kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,607 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh rtabel sebesar 0,312, maka dapat disimpulkan rxy>rtabel artinya ada hubungan layanan penguasaan konten dengan media poster tehadap kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Pada variabel layanan penguasaan konten dengan media poster dalam kategori sangat buruk 1 peserta didik atau 2,5%,, kategori buruk sebanyak 5 peserta didik atau 12,5% peserta didik atau , kategori cukup sebanyak 8 peserta didik atau 20%, kategori sedang sebanyak 11 peserta didik atau 27,5%, kategori baik sebanyak 12 peserta didik atau 30%, dan kategori sangat baik sebanyak 3 peserta didik atau 7,5% sedangkan pada variabel kedisiplinan belajar dalam kategori sangat buruk sebanyak 1 peserta didik atau 2,5% , kategori buruk sebanyak 4 peserta didik atau 10%, kategori cukup sebanyak 10 peserta didik atau 25%, kategori sedang sebanyak 10 peserta didik atau 25%, kategori baik sebanyak 13 peserta didik atau 32,5%, dan kategori sangat baik sebanyak 2 peserta didik atau 5%,
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan layanan penguasaan konten dengan media poster terhadap kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik.
01110500022 | HAN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain